Keunikan Museum Casa Batllo Hasil Karya Arsitek Gaudi di Barcelona

0 Comments

Ketika berkunjung ke Barcelona, Spanyol maka anda akan menemukan berbagai bagunan yang unik dan megah. Kota Barcelona memang menjadi salah satu kota yang memiliki kemegahan dan keunikan salah satunya yaitu Casa Batllo. Bagunan ini pada awal sejarahnya hanya sebuah gedung biasa. Pada awalnya gedung tersebut ingin di robohkan oleh pemiliknya, berkat sentuhan arsitek Antoni Gaudi lalu di renovasi. Hasil dari renovasi tersebut menciptakan sebuah bangunan yang megah dan unik seperti punggung naga.

Awal Mula Terbentuknya Museum Casa Batllo yang Unik dan Menarik

Keunikan Museum Casa Batllo Hasil Karya Arsitek Gaudi di Barcelona

Pada awalnya bangunan ini merupakan milik dari Josep Batllo I Casanovas. Kemudian pada tahun 1900 Batllo membeli bangunan tersebut, karena desainnya tidak sesuai dengan keluarga Batllo maka keluarga menengah Barcelona tersebut meminta arsitek Gaudi untuk merobohkan dan mengganti dengan bagunan baru. Namun Gaudi menyarankan untuk renovasi ulang dengan mengganti fasad dan desain interior hingga menjadi salah satu hunian yang bernilai tinggi.

Sampai saat ini bangunan unik in masih berstatus sebagai hunian pribadi. Memang bangunan in sangat unik dan spektakuler sehingga banyak orang yang menyebutnya House of Bones. Sebuah penampakan rumah yang ada di rongga tubuh naga.

Kalau pada bagian fasad terdiri dari tiga bagian yang beda dengan menggambarkan anatomi. Terlihat seperti bangunan yang dipenuhi dengan tulang besar, kemudian pada bagian depan juga lebih unik lagi dengan gambaran seperti otot dan pembuluh darah. Setelah itu pada bagian atap di desain dengan atap seperti bersisik menyerupai punggung naga.

Kemudian kalau masuk ke bagian interior maka tidak kalah uniknya lagi. Dimana Gaudi sebagai arsitek mencoba merombak bangunan dengan sentuhan yang lembut. Ketika ada di aula rumah maka anda akan  merasakan sensasi berada di organ lunak naga. Pihak keluarga Batllo kin sudah lama mengosongkan bangunan tersebut dan dibuka sebagai museum. Sehingga para pengunjung pun akan merasakan berbagai sensasi bangunan yang unik dan penuh dengan seni di abad 20.

Keingintahuan Lebih Dalam Tentang Museum Casa Batllo

Casa Batllo

Banyak sekali rasa ingin tahu para pengunjung dunia untuk mengelilingi karya dari Gaudi. Nah, pada kesempatan kali ini sudah tersedia beberapa kreativitas tinggkat tinggi dan berbagai karakter visioner arsitek Gaudi. Penasaran? Silahkan simak pembahasannya berikut ini :

  1. Kemampuan murid melampaui guru

Bangunan Casa Batllo bukan salah satu karya yang baru saja dibangun, namun hasil dari reformasi bangunan yang biasa saja menjadi bangunan yang unik dan kreatif. Bagunan ini dibangun pada tahun 1877 oleh arsitek Emilo Sala Cortes. Namun ketika sudah di beli oleh Batllo, dirinya tidak puas akan bangunannya. Sehingga meminta Gaudi untuk merobohkan rumah. Berkat kemampuan Gaudi berhasil merubah bangunan yang awalnya bergaya klasik menjadi bangunan modern yang penuh kreativitas dan imajinasi tinggi.

  1. Difusi kreatif dalam mengatur cahaya

Tentunya dengan sentuhan kreatif seorang arsitek mampu menciptakan cahaya alami di berbagai sudut. Terlebih pada dua teras dan skylight yang utama yang berwarna kebiruan untuk mendistribusikan cahaya. Pada bagian ubin atas cahayanya lebih gelap, kalau menuju ubin bawah maka anda akan menemukan ukuran jendela yang lebih besar. Tentu dengan adanya konsep degradasi warna dan ukuran jendela yang lebih besar. Membuat Gaudi berhasil mendistribusikan cahaya lebih merata pada semua lantai.

  1. Menerapkan sistem ventilasi yang lebih efisien

Pada bagunan ini Gaydi telah membuat sistem ventilasi asli dengan bukaan yang berbeda dengan jendela rumah. Sistem bukaan ini memilih untuk dioperasikan secara manual sehingga pengaturan udara bisa maksimal tanpa harus membuka jendela secara maksimal. Kemudian desain halaman tengah bisa menghemat panas ketika sudah masuk mysim dingin dan ventilasi ini digunakan ketika masuk musim panas. Sehinggga kenyamanan yang maksimal bisa dicapai di bagunan Casa Batllo.

  1. Pioneer hasil daur ulang

Trencadis menjadi salah satu kunci eleman karya dari Gaudi terlebih pada bagian fasad. Dimana didapatkan dari potongan keramik dan kaca yang sudah dibuang dan tidak terpakai. Justru ini sangat disukai para arsitek karena memiliki nilai estetika. Jadi salah satu elemen yang memiliki peran untuk warna dan cahaya berasal dari fasad. Tentunya semua itu dibutuhkan keseimbangan dengan alam agar mencapai keindahan.

Menerapkan fasad bergelombang yang mampu menghasilkan efek cahaya yang bagus. Memiliki permukaan yang aneh  pertemuan antara cahaya dengan elemen impresionis bisa menimbulkan efek yang indah terlebih ketika di pagi dan sore hari.

  1. Merasakan pengalaman yang akuatik

Banyak elemen arsitektur yang terinspirasi dari dunia kelautan. Namun ada saja yang aneh pada bagian kaca katedral di landasan lantai sehingga suasana menjadi eksplisit. Hal ini bisa menimbulkan kesan anda sedang berada di dalam laut dan melihat permukaan kristal yang penuh dengan keindahan.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa keunikan dan daya tarik dari museum Casa Batllo. Tentu belum lengkap rasanya berkunjung ke kota Barcelona kalau belum mengunjungi museum unik bergaya punggung naga. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda ketika berkunjung di Barcelona.