Fakta Menarik Camp Nou Sebagai Stadion Kebanggaan Barcelona

0 Comments

Sebagai pecinta sepak bola Spanyol, pastinya anda tidak asing lagi dengan salah satu klub raksasa di Liga Spanyol yaitu FC Barcelona. Terlebih saat ini Barcelona selali menjadi salah satu klub yang menempati posisi klasmen atas. Kalau membahas tentang Blaugrana kurang lengkap kalau belum membahas tentang kandang atau markas Barcelona yaitu Camp Nou.

Stadion kebanggaan masyarakan Barcelona ini sudah ada sejak tahun 1957 yang sudah berhasil mengoleksi 30 trofi Copa del Rey. Saat ini sudah banyak sekali warga dari berbagai negara yang datang ke stadion Barcelona untuk menyaksikan berbagai laga yang bergensi. Selain itu tidak jarang pula yang menjadikan stadion ini sebagai destinasi wisata yang wajib di kunjungi ketika datang ke kota Barcelona.

Stadion megah ini menjadi salah satu stadion yang mampu menampung 99.354 kursi dan menjadi saksi sejarah perjalanan tim FC Barcelona. Tidak hanya itu stadion ini juga menjadi salah satu stadion terbesar yang ada di Spanyol hingga Eropa. Sudah banyak pertandingan penting yang sudah digelar mulai final kompetis sepak bola Summer Olympics 1992 dan final Liga Champions UEFA 1989 dan 1999. Selain itu stadion ini juga dijadikan sebagai pembukaan Piala Dunia 1982.

Stadion ini Awalnya Bernama Dinamai Estadi Del FC Barcelona

Fakta Menarik Camp Nou Sebagai Stadion Kebanggaan Barcelona

Pada awalnya markas Barcelona ada di stadion Camps de Les Corts. Namun seiring populer dan prestasi gemilang FC Barcelona membuat stadion tidak mampu menampung banyaknya penonton. Melihat hal ini akhirnya diputuskan untuk membuat stadion baru dan proses pembangunan kontruksinya dimulai tahun 1954. Proses pembuatan stadion baru ini diarsiteki oleh Josep Soteras dan Francesc Mitjans.

Waktu pembangunan stadion baru ini memakan waktu 3 tahunan, selesai di tahun 1957. Stadion baru Barcelona ini pada awalnya bernama Estadi del FC Barcelona. Namun nama populer yang bergema ditengah masyarakat adalah stadion Camp Nou atau lapangan baru. Nah, untuk menentukan nama resmi stadion, akhirnya pada tahun 2000 di lakukan pemilihan suara nama yang cocok untuk stadion baru Barcelona. Akhirnya terpilihlah nama Camp Nou sebagai nama resmi stadion tersebut.

Pada tahun 1982, Spanyol terpilih menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia. Nah, sebagai tuan rumah pastinya Spanyol telah melakukan banyak persiapan agar acara bisa terselenggara dengan baik. Salah satunya stadion baru kandang FC Barcelona pun turut melakukan persiapan. Sudah dimulai sejak 2 tahun sebelum pertandingan dimilai sudah dilakukan permbangunan pelebaran stadion. Tidak hanya itu penambahan berbagai fasilitas penting dan berkelas pun disediakan. Mulai dari tempat untuk tamu penting, VIP, dan ruang untuk media. Tidak hanya itu saja, kapasitas kursi penonton pun juga ikut bertambah hingga 22.150 kursi.

Fasilitas yang Ada Pada Stadion Camp Nou Barcelona

Camp Nou

UEFA pada tahun 1998 telah memberikan hadiah status bintang lima kepada layanan dan fasilitas yang diberikan oleh stadion Camp Nou. Dimana pada 2010 lalu seiring dengan peraturan yang berlaku di UEFA, kategori ini diganti dengan kategori 4 dengan stadion yang mampu memenuhi syarat yang berhubungan dengan layanan, fasilitas dan kapasitas tanah.

Selain itu klub FC Barcelona juga telah membuka sebuah museum yang isisnya tentang memorabilia FC Barcelona. Museum ini sebenarnya sudah dibuka sejak tahun 1984 yang lokasinya ada di ttribun tingkat kedua. Ketika anda sedang berwisata di di stadion kebanggan Barcelona ini maka anda dikenakan biaya 25 eure atau Rp 372.000.

Ketika anda masuk pada museum maka anda akan menemukan berbagai benda-benda yang bersejarah. Selain itu anda juga akan menemukan koleksi trofi yang sudah berhasil dimenangkan oleh Los Azulgrana. Di dalam musim anda juga akan menemukan layar interaktif yang isinya menceritakan tentang sejarah klub Barcelona.

Kalau untuk ruang ganti sudah terbagi pada 4 bagian, dimana ada ruang ganti pemain, ruang medis, teknis dan air. Pada ruang ganti pemain sudah tersedia loker untuk menaruh berbagai barang pribadi milik pemain, tersedia berbagai alat olahraga dan kamar mandi.

Kalau untuk ruang air ini merupakan area yang digunakan para pemain untuk rileksasi bada dengan berendam di kolam. Selain itu ada juga ruang mandi air dingin dan air uap. Kalau untuk ruang relaksasi ini berisi fisioterapi dan dokter untuk pijat.

Sementara untuk zona teknis ini merupakan ruang ganti pelatih dan dijadikan sebagai ruang pertemuan. Tentunya dengan melihat berbagai fasilitas yang lengkap dan mewah, ditambah lagi prestasi gemilang selalu dicapai oleh Barcelona membuat stadion Camp Nou ini menjadi sebuah perpaduan yang sangat sempurna.

Demikianlah penjelasan mengenai sejarah stadion Camp Nou dengan berbagai kemewahan dan fasilitas bintang lima. Selain itu masih tersedia ruang pers, pusat kedokteran olahraga, unit kontrol operatif dan lainnya. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai stadion megah di Barcelona.